Madu DeNALA

Camat Embaloh Hilir Pesan 50 Botol Madu DeNALA

Camat Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu memesan madu hutan DeNala dari Desa Nanga Lauk. Madu DeNala sendiri produksi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Madu binaan PRCF Indonesia. Ada 50 botol Madu DeNala 35 ml yang telah dipesan.

“Ada pesanan madu DeNALA 35 ml sebanyak 50 botol. Ini pesanan Pak Camat, Insyaallah kelompok hari ini ngantar madunya ke Putussibau,” kata Manager Program PRCF Indonesia, Rio Afiat via WA Grup, Kamis (23/9/2021).

Pesanan dari Camat Embaloh Hilir tersebut membuktikan ada kepedulian dari pemerintah daerah untuk mempromosikan produk madu dari Desa Nanga Lauk. Bagi KUPS Madu sebuah kehormatan dan kepercayaan madu mereka bisa dipesan oleh pihak Kecamatan Embaloh Hilir.

“Alhamdulillah Pak Camat Embaloh Hilir secara tidak langsung ikut mempromosikan madu DeNALA. Dengan memesan madu dari Nanga Lauk secara tidak langsung juga ikut meningkatkan pendapatan masyarakatnya,” tambah pria kelahiran Jawai Sambas ini.

Rio berharap, mudah-mudahan ke depan, pihaknya bisa menawarkan madu DeNALA kepada penyelenggara even di Kapuas Hulu baik instansi pemerintah, swasta, dan sebagainya. “Peluang ke depan misalnya MTQ di Embaloh Hilir, kita akan coba menawarkan ke panitianya untuk menjadikan madu DeNALA menjadi souvernir,” harapnya.

Untuk mempromosikan madu hutan DeNALA tidak bisa hanya mengandalkan dari kemampuan KUPS Madu semata. Kelompok ini perlu dukungan juga dari Pemerintahan Desa, Kecamatan, sampai Pemerintahan Kabupaten. Bila ada kerja sama dan saling mendukung untuk produk asli dari Desa Nanga Lauk, produk apapun bisa dijual secara luas.

Khasiat Madu DeNALA

Desa Nanga Lauk –yang tersertifikasi Plan  Vivo–, terletak di jantung Pulau Kalimantan (Heart of Borneo), telah memperoleh Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) selama 35 tahun sejak 2017. Hak tersebut memberikan akses kepada masyarakat desa untuk mengelola hutan dan memetik manfaat ekonomi dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Melalui Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang bermitra dengan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lauk Bersatu, masyarakat membuat rencana dan aksi bisnis yang berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip pelestarian hutan. Madu DeNALA sendiri memiliki khasiat:

  1. Mencegah diabetes
  2. Mencegah kanker dan menyehatkan jantung
  3. Memperkuat imun tubuh
  4. Menyembuhkan luka
  5. Menurunkan kolesterol dan berat badan (ros)