Hari Lingkungan Hidup yang akan digelar Mapala Untan

Hari Lingkungan Hidup, PRCF Pembicara Utama

Hari Lingkungan Hidup jatuh pada 5 Juni 2020 ini. Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Untan Pontianak akan menggelar seminar via online pada 6 Juni 2020 pukul 14.00 WIB lewat Google Meet. Sebagai pembicara utamanya, Direktur Eksekutif PRCF Indonesia, Imanul Huda S Hut M Hut.

“Insyaallah positif pak,” kata Rio Afiat Manajer Program PRCF Indonesia via WA, Selasa (2/6/2020). Sebelumnya Rio telah memposting di WA grup pamplet dari Mapala Untan yang berisi undangan umum untuk mengikuti seminar secara online. Seminar tersebut bertemakan “Arti Pentingnya Biodiversity dan Upaya Konservasi” Dengan narasumber Imanul Huda, Direktur Eksekutif PRCF Indonesia dan juga penggiat konservasi alam dan perhutanan sosial.

PRCF sebuah yayasan yang sedang melakukan pendampingan di Desa Nanga Lauk Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Sudah hampir setahun lembaga ini berkiprah untuk konservasi alam. Melakukan edukasi masyarakat untuk bisa melakukan konservasi secara mandiri.

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, PRCF Indonesia tidak lagi sekadar kampanye agar masyarakat mencintai lingkungan hidupnya, melainkan sudah berbuat nyata di lapangan. Apa yang telah dibuat PRCF di Desa Nanga Lauk. Salah satunya mendampingi Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lauk Bersatu melakukan patroli hutan desa dan hutan produksi terbatas secara berkala. Mungkin hanya di Desa Nanga Lauk ada patroli hutan secara rutin. Upaya ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kerusakan atau penjarahan hutan.

Perhutanan Sosial

Kemudian, sebagai wujud nyata dari implementasi Hari Lingkungan Hidup, PRCF juga aktif dalam memberdayakan masyarakat. Berhasil memfasilitasi terbentuknya Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Ada lima KUPS yang sudah terbentuk yakni KUPS Madu, Karet, Rotan, Ikan, dan Ekowisata. Semua ini dilakukan agar masyarakat bisa memanfaatkan potensi hutan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Masyarakat juga diajarkan cara berorganisasi yang baik dan benar. LPHD adalah mitra utama dari PRCF Indonesia. Lewat berbagai bantuan dari beberapa pihak, lewat PRCF telah membangun Kantor LPHD. Di lembaga inilah PRCF mengajarkan masyarakat bagaimana cara mengelola sebuah organisasi atau lembaga.

Pengalaman konservasi alam secara nyata tersebut tentu menjadi portopolio bagi PRCF yang akan dibagikan kepada masyarakat luas. Salah satunya lewat seminar secara online tersebut. Selamat Hari Lingkungan Hidup. (ros).