Pelatihan smart patrol di laboratorium komputer SMAN 1 Pontianak digelar oleh PRCF Indonesia

Pelatihan Smart Patrol, Tak Hanya Jadi User Tapi Juga Administrator

Pontianak (PRCF) – Pelatihan pengenalan smart patrol untuk tim patroli hutan LPHD Lauk Bersatu di Laboratorium Komputer SMAN 1 Pontianak berjalan lancar, Selasa (18/2/2020). Pada Rabu (19/2/2020), pelatihan berlanjut dengan praktik langsung di Arboretum Untan. Upaya yang dilakukan PRCF Indonesia tersebut menginginkan personel tim patroli hutan tidak hanya menjadi user tapi juga administrator.

“Pelatihan smart patrol ini bagian dari upaya PRCF untuk meningkatkan kapasitas personel tim patroli hutan. Mereka selama ini berjibaku menjaga dan mengawasi hutan serta mengumpulkan informasi apa saja yang mereka temukan di lapangan. Kita tingkatkan kapasitas mereka tidak hanya sekadar user atau pengumpul data tapi juga menjadi administrator atau admin. Mereka bisa langsung meng-input data ke dalam aplikasi smart patrol,” jelas koordinator pelatihan smart patrol, Yadi Purwanto di SMAN 1 Pontianak, Rabu (18/2/2020).

Yadi yang juga specialist program conservation PRCF Indonesia menambahkan, upaya peningkatan kapasitas dengan penguasaan smart patrol. Caranya, melakukan pelatihan dimulai dari penguasaan dasar-dasar komputer. Setelah itu, pelatihan penggunaan aplikasi smart patrol.

“Bila tidak ada kendala, Rabu (19/2/2020), kita praktik langsung penggunaan smart patrol di hutan Arboretum Untan. Kita ajarkan bagaimana cara menginput data lewat smart patrol. Ada dua instruktur berpengalaman yang membimbing mereka,” tambah Yadi.

Data kehutanan yang tersimpan dalam smart patrol akan diolah oleh PRCF Indonesia. Lalu data tersebut akan dikirim ke lembaga donor sebagai bentuk pertanggungjawaban. Data tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa hutan desa maupun hutan produksi terbatas di Desa Nanga Lauk tetap terjaga dengan baik.

“Seluruh data flora dan fauna yang ditemukan saat patroli kita input lewat smart patrol. Dengan penguasaan penggunaan smart patrol, tim patroli LPHD lebih siap lagi untuk menjaga hutan di desanya. Penggunaan smart patrol ini mungkin pertama kali di Kapuas Hulu dan bisa menjadi role model,” jelas Yadi. (ros)