Serah terima jabatan

Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Ketua LPHD Lauk Bersatu

Serah terima jabatan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lauk Bersatu, Desa Nanga Lauk, Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu dilangsungkan di Kantor Desa Nanga Lauk, 17 Juli 2022. Serah terima jabatan itu dari ketua lama, Hamdi ke ketua baru, Hariska S Hut yang terpilih 17 Maret 2022.

“Acara serah terima jabatan ini untuk pertama kali digelar. Alhamdulillah, berlangsung lancar. Dengan adanya serah terima ini secara resmi Hariska memimpin LPHD Lauk Bersatu,” kata Fasilitator Desa PRCF Indonesia, DM Zainuddin, Senin (25/7/2022).

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Nanga Lauk, Agus Yanto. Pelatinak ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) pengurus baru LPHD Lauk Bersatu. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan SK kepada ketua LPHD Lauk Bersatu baru, Hariska, S. Hut.

Selain itu dilakukan juga penyerahan perangkat administrasi LPHD Lauk Bersatu berupa stempel dari ketua lama, Hamdi. Serah terima dan pelantikan ini merupakan babak baru bagi LPHD Lauk Bersatu. Kepengurusan untuk tiga tahun ke depan diisi oleh wajah-wajah baru yang masih muda.

Hamdi dan Hariska
Hamdi, ketua pengurus lama menyerahkan stempel kepada Hariska sebagai ketua baru dalam acara serah terima jabatan dan pelalantikan pengurus LPHD Lauk Bersatu

“Kepengurusan periode ini adalah sejarah baru bagi LPHD Lauk Bersatu, karena dipimpin oleh seorang wanita. Kemudian, banyak yang masih muda. Dengan darah muda ini kita berharap LPHD Lauk Bersatu bisa lebih baik dari kepengurusan sebelumnya,” harap Zainuddin.

Acara tersebut tidak hanya dihadiri Kepala Desa dan perangkatnya, juga hadir Ketua BPD, Ketua Adat, pengurus LPHD lama dan baru, perwakilan Yayasan PRCF Indonesia, serta Program Manajer dan Fasilitator Desa untuk wilayah Desa Nanga Lauk.

Sambutan Kades

Kades Nanga Lauk, Agus Yantu, dalam kata sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pengurus LPHD Lauk bersatu periode sebelumnya. “Terima kasih atas segala perjuangan dalam merintis berdirinya LPHD Lauk Bersatu. Semoga perjuangan ini terus dilanjutkan oleh pengurus baru,” harapnya.

“Kepada pengurus baru agar LPHD Lauk Bersatu dapat menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Saya berharap juga LPHD Lauk Bersatu dapat menjadi yang terbaik dari LPHD lainnya,” harap Agus.

Hamdi mantan Ketua LPHD berharap pengurus baru baru dapat membawa perubahan dan kemajuan lebih baik. Ia menaruh harapan demikian karena kepengurusan periode ini diisi oleh generasi muda yang berwawasan lebih maju. “Saya menyampaikan permohonan maaf jika selama periode kepengurusan saya belum bisa memberikan terbaik. Bila ada kekurangan mohon diperbaiki, bila ada yang sudah berjalan, mohon lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

Ketua LPHD Lauk Bersatu baru, Hariska S Hut menyatakan akan melaksanakan kepemimpinan LPHD sebaik-baiknya sesuai harapan yang telah diamanahkan. “Mohon dukungan dari semua pihak agar program LPHD bisa berjalan dengan baik. Kami yang masih muda mohon bimbingan dari bapak-bapak dan ibu-ibu agar LPHD bisa memberikan kontribusi besar bagi seluruh masyarakat Nanga Lauk,” kata alumni Fakultas Kehutanan Untan ini.

Penulis: DM Zainuddin

Editor : Rosadi Jamani