Pelatihan Komputer

Tingkatkan Literasi Teknologi Melalui Pelatihan Komputer

LPHD Bumi Lestari Desa Penepian Raya, Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Pelatihan Manajemen Administrasi, Keuangan dan Komputer serta Pelaporan di Laboratorium Komputer SMA N 01 Jongkong, 18-24 Juli 2022. Pelatihan ini terselenggara atas dukungan  Program Imbal Jasa Ekosistem Rimba Pakai Kemuka Ari didampingi  oleh PRCF Indonesia.

Sepuluh orang pengurus LPHD Bumi Lestari, Desa Penepian Raya, menjadi peserta pelatihan. Materi komputer diberikan langsung oleh Hari Purwanto (28). Hari merupakan warga Desa Jongkong Kiri Hulu dan merupakan lulusan STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

Ia bersedia memberikan materi sebagai bentuk pengabdiannya terhadap masyarakat. Materi yang diberikan, aplikasi umum seperti Microsoft office (word, excel dan ppt).

“Jika dilihat perkembangan di era sekarang, kemajuan teknologi menjadi ujung tombak dalam keberhasilan pengelolaan organisasi. Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa bermanfaat untuk para peserta agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat lainnya,” jelas Hari di hadapan para peserta pelatihan.

Pelatihan komputer digelar oleh LPHD Bumi Lestari
Peserta sedang mengikuti pelatihan komputer yang dilaksanakan oleh LPHD Bumi Lestari

Apa yang disampaikan oleh Hari senada dengan yang diinginkan oleh PRCF Indonesia selaku yayasan pendamping. “Materi dasar ini diberikan sesuai dengan kebutuhan menyusun rencana kegiatan dan pelaporan yang akan dilakukan oleh LPHD Bumi Lestari dalam program Rimba Pakai Kemuka Ari selama 25 tahun,” kata Syarif Yus Hadinata (32), Fasilitator Kelembagaan Program Imbal Jasa Ekosistem PRCF Indonesia.

Untuk Tertib Administrasi

Secara umum kemampuan para pengurus LPHD Bumi Lestari dalam penggunaan perangkat komputer sudah memadai. Sebagian besar hanya mengulang pengetahuan terkait praktik pengunaan komputer.

“Hanya saja, selama ini, sejak tahun 2019 sudah tidak ada program yang masuk, sehingga penggunaan komputer untuk menyusun rencana kegiatan dan pelaporan jarang digunakan,” sambung Yus, sapaan akrabnya.

Usai pelatihan komputer di Jongkong, peserta akan kembali ke Desa Penepian Raya untuk selanjutnya mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan dan administrasi. Melalui rangkaian pelatihan ini, diharapkan Pengurus LPHD Bumi Lestari dapat tertib adminsitrasi dalam surat-menyurat, pelaporan kegiatan dan keuangan, serta mampu menggunakan perangkat komputer dalam implementasi kegiatan lembaga nantinya.(roj)