Visi dan Tujuan

Visi dari PRCF Indonesia adalah mewujudkan konservasi keanekargaman hayati yang mendukung fungsi ekosistem dan menyediakan pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan, mempromosikan kemandirian masyarakat setempat melalui peningkatan sosial ekonomi dengan tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal.

Tujuan umum PRCF Indonesia sejalan dengan pernyataan misi, yakni:
“untuk memperkuat partisipasi lokal dalam konservasi keanekaragaman hayati dan fungsi ekosistem, melalui upaya perlindungan dan pemanfaatan secara bijaksana terhadap sumber daya alam, dan pengembangan sosial ekonomi serta revitalisasi budaya yang berdampak kepada masyarakat”.

Yayasan secara bersama mendorong partisipasi masyarakat setempat dalam menentukan keberhasilan program konservasi alam dan pengembangan masyarakat. Masyarakat setempat ditekankan untuk dapat berpartisipasi terhadap semua aspek proyek PRCF Indonesia; termasuk survei-survei, perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi.

Tekanan partisipasi PRCF Indonesia mengkombinasikan antara pengalaman jangka panjang para personel yang terlibat, yang dapat mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pengelolaan lokasi secara khusus dan inovatif yang melibatkan, memberdayakan, dan memberikan keuntungan kepada parapihak setempat pada satu sisi, dan mempromosikan konservasi sumber daya biologi pada sisi lain.