Ketika banjir terjadi banyak para ahli menyodorkan solusi untuk mengatasinya. Solusi yang ditawarkan tentunya agar banjir tidak terjadi lagi di kemudian hari. Apa solusinya? Menanam pohon. Tentu menanam pohon di lahan kosong atau hutan yang terbuka. Tapi, apakah benar dengan menanam pohon bisa menjadi solusi dalam membantu mencegah banjir?

Benar, menanam pohon bisa mencegah banjir. Sangat wajar apabila para pakar dalam memberikan solusi banjir, salah satu di antaranya dengan menanam pohon. Berikut ini penjelasan ilmiahnya bahwa menanam pohon dapat mencegah banjir.

  1. Akumulasi Air di Daun dan Cabang

Daun dan cabang pohon dapat mengumpulkan air hujan, yang kemudian menguap kembali ke atmosfer. Proses ini disebut sebagai intersepsi. Intersepsi adalah proses penangkapan air hujan oleh vegetasi, termasuk pohon, sebelum air tersebut menyentuh tanah. Daun, dahan, dan batang pohon dapat menangkap dan menahan air hujan untuk sementara waktu.

  1. Infiltrasi

Akar pohon memungkinkan lebih banyak air meresap ke dalam tanah. Berbanding terbalik dengan permukaan yang telah dipadatkan atau terpaving yang dapat mengakibatkan aliran permukaan yang lebih besar dan banjir. Semakin banyak pohon tentu semakin banyak air terserap lewat akar.

  1. Pengurangan Erosi Tanah

Akar pohon memperkuat struktur tanah dan mencegah erosi. Bila erosi terjadi dapat menyebabkan sedimentasi di sungai dan kanal, sehingga mengurangi kapasitasnya dalam menampung aliran air. Hal ini menyebabkan banyak sungai menjadi dangkal. Daya tampungnya menjadi berkurang.

  1. Penyerapan Air

Tumbuhan, termasuk pohon, mengambil air dari tanah melalui akar dan memanfaatkannya untuk proses fotosintesis serta mengeluarkannya kembali ke atmosfer melalui transpirasi. Proses transpirasi bisa membantu menarik air dari tanah. Semakin banyak pohon tentu semakin banyak yang menarik air dari tanah. Sebaliknya, bila pohon banyak ditebang, proses ini menjadi hilang.

  1. Buffer Zones

Pohon yang ditanam di sepanjang tepi sungai atau zona buffer dapat menyerap air berlebih ketika banjir terjadi dan mengurangi kecepatan aliran sungai, yang pada gilirannya dapat mengurangi dampak banjir.

Oleh karena itu, reboisasi dan penanaman pohon merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola air hujan dan mengurangi dampak banjir. Akan tetapi, perlu diingat bahwa hanya menanam pohon saja tidak cukup untuk mengatasi banjir, diperlukan juga strategi dan solusi lain yang komprehensif.  (ros)