Dengan penuh rasa syukur, Bambang Supriyanto secara resmi menyelesaikan masa jabatannya sebagai Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) pada 5 Juni 2024. Jabatan ini diamanahkan kepadanya sejak 7 November 2017, menjadikannya pemegang jabatan selama 6 tahun 8 bulan.

Selama masa kepemimpinannya, Bambang Supriyanto berhasil mencapai berbagai target penting yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Salah satu pencapaian terbesar adalah realisasi program Perhutanan Sosial dengan luas mencapai 7,08 juta hektar dari target 12,7 juta hektar. Selain itu, terbentuk juga 13.236 Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) serta 43 model pengembangan kawasan terpadu.

“Ini adalah hasil kerja keras Tim PSKL pusat dan daerah dalam pengarahan ibu Menteri LHK; yang didukung para pendamping pemerintah/LSM, TP3PS, mitra multilateral, dan mitra kerjasama swasta. Untuk itu, saya menghaturkan banyak terima kasih kepada ibu Menteri LHK, bapak Wakil Menteri LHK, dan teman-teman eselon 1, jajaran PSKL, LSM, mitra lateral dan swasta,” ujar Bambang dalam pernyataannya usai Pelatikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madia di KLHK RI, Rabu (5/6/2024).

Bambang juga mengucapkan selamat kepada penggantinya, Dr Ir Mahfudz Muchtar MP, yang baru saja dilantik sebagai Dirjen PSKL yang baru. “Saya yakin dengan pengalaman, dedikasi, dan integritas yang tinggi, capaian PS tersebut akan dipercepat dan ditingkatkan lagi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan dan kekuatan dalam menjalankan tugas,” tambah Bambang.

Dalam refleksi penutupnya, Bambang menyampaikan permohonan maaf atas segala kekhilafan selama masa jabatannya. “Tidak ada gading yang tak retak, sebagai manusia biasa dalam menjalankan tugas, ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, oleh karena itu saya dengan tulus memohon maaf.”

Ke depan, Bambang akan mengabdikan dirinya sebagai analis kebijakan ahli utama di KLHK dan juga berperan sebagai dosen. Ia berharap dapat terus memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. “Mohon doanya,” tutup Bambang.

Dengan selesainya masa jabatan Bambang Supriyanto, diharapkan program-program perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan dapat terus berlanjut dan berkembang lebih baik di bawah kepemimpinan Mahfudz Muchtar. (ros)