LPHD Bumi Lestari Desa Penepian Raya Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu segera membangun kantor baru. Lokasinya persis di depan Kantor Kepala Desa Penepian Raya. Direncanakan tahun 2024, kantor tersebut sudah rampung dibangun.

“Pagi tadi kita melakukan persiapan pembangunan kantor baru. Membersihkan lokasi yang akan dibangun kantor. Kebetulan di situ ada bangunan, jadi kita bersihkan dulu agar proses pembangunan nanti lancar,” kata Fasilitator Desa Penepian Raya, PRCF Indonesia, Muhammad Yudhy Octoarie di kantornya, Rabu (18/10/2023).

Dijelaskannya, pembangunan Kantor LPHD Bumi Lestari sudah lama lama direncanakan. Pada tahun kedua ini baru bisa direalisasikan. Sebagai langkah awal, dilakukan pembersihan lokasi dulu. Selanjutnya barulah dilakukan pembangunan mulai dari fondasi sampailah nanti bangunannya benar-benar berdiri.

“Untuk membersihkan lahan, kita lakukan secara gotong royong melibatkan para personel LPHD, tim patroli, Pemerintah Desa, BPD, dan sejumlah warga yang ikut membantu. Gotong royong ini sebagai bukti pembangunan kantor LPHD mendapat dukungan semua pihak di Desa Penepian Raya,” jelas Yudhy – sapan akrabnya.

Warga sedang bergotong royong membersihkan lokasi untuk pembangunan Kantor LPHD Bumi Lestari
Warga sedang bergotong royong membersihkan lokasi untuk pembangunan Kantor LPHD Bumi Lestari

Dukungan dari masyarakat Penepian Raya merupakan modal utama bagi LPHD Bumi Lestari. Tanpa dukungan masyarakat, tentunya sangat sulit program LPHD bisa berjalan. Dukungan luas dari masyarakat ini diharapkan terus mengalir untuk tahun-tahun ke depan.

“Anggaran untuk membangun kantor itu dari anggarannya LPHD sendiri melalui PRCF Indonesia. Untuk saat ini masih menunggu finalisasi design. Setelah itu akan dilakukan lelang. Bila lelang selesai, langsung dilakukan pembangunan di lahan yang baru saja dibersihkan,” papar Yudhy.

Harapan Konservasi

Yudhy berharap, apabila kantor baru nanti sudah berdiri, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh pengurus LPHD Bumi Lestari. Baru dua tahun didampingi oleh PRCF Indonesia sudah bisa punya kantor sendiri. Ini sebuah pembuktian bahwa apa yang dilakukan LPHD dalam mengelola hutan desa mendapatkan apreasi.

“Dengan  memiliki kantor sendiri, LPHD Penepian Raya lebih produktif lagi dalam pengelolaan hutan desa. Selain itu, mampu memberi manfaat secara keseluruhan ke masyarakat,” harap Yudhy. (ros)