PRCF Indonesia kembali membuka lowongan kerja. Kali ini untuk tenaga ahli (expert) persemaian bibit pohon dan agroforestry. Mereka yang diterima nanti akan ditempatkan di desa dampingan PRCF.

“Kita memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Kalbar untuk bergabung bersama PRCF Indonesia. Ada lowongan kerja buat mereka yang memiliki kemauan dan kemampuan di bidang persemaian bibit pohon dan agroforestry,” kata Manajer HRD PRCF Indonesia, Suhartian Fajru di kantornya, Kamis (19/10/2023).

Lowongan kerja ini memprioritaskan untuk lulusan Sarjana Kehutanan atau Pertanian. Kenapa harus dua lulusan itu, karena mereka umumnya memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang persemaian bibit pohon. Mereka juga biasanya diajarkan tentang agroforestry.

“Diutamakan kandidat yang berasal dari desa setempat dan sekitarnya. Karena desa dampingan PRCF Indonesia semuanya berada di dekat hutan. Di sini memerlukan kandidat yang kenal dengan lingkungannya sendiri. Operasionalnya meliputi  banyak desa dan berada di sekitar hutan. Kalau pun ada perempuan ingin daftar, silakan saja,” papar Suhartian.

Kemudian, berusia maksimal 35 tahun. Maksudnya,  pekerjaan persemaian dan agroferestry membutuhkan ketahanan fisik yang kuat. “Hal penting, memiliki pengalaman di bidangnya.  Tentunya kandidat yang berpengalaman akan diutamakan dan ada nilai tambah bagi mereka yang menguasai pembibitan dan okulasi mata tunas khususnya tanaman karet. Kita berharap, lulusan yang memiliki kriteria tersebut, silakan mendaftar dan bergabung dengan PRCF Indonesia,” harap pria kelahiran Sambas ini.

Pemberdayaan Masyarakat

Selain syarat di atas, PRCF Indonesia juga mengutamakan yang memiliki kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat. Program agroforestry erat kaitannya dengan masyarakat di sekitar hutan. Bagi yang berpengalaman pasti memahami karakter dan psikologisnya. “Bila memiliki pengalaman di bidang pemberdayaan masyarakat ini, tentu menjadi prioritas kita,” ujar Suhartian.

“Karena lokasi dampingan PRCF itu jauh dari keramaian kota, kita menginginkan yang mampu melakukan perjalanan dengan roda dua. Sebab lokasi dampingan cukup tersebar dan sebagian diantaranya hanya bisa dijangkau dengan kendaraan sepeda motor. Kemudian, memberikan prioritas untuk mendaftar orang dari desa dampingan atau sekitarnya. Sebab, mereka lebih mengenal daerahnya sendiri dari orang luar yang perlu penyesuaian atau adaptasi,” tutup Suhartian.

Lowongan kerja ini akan ditutup pada 31 Oktober 2023. Bagi yang mendaftar UNakan melewati proses seleksi dari pihak PRCF. (ros)