MBKM Fakultas Kehutanan Untan

MBKM  Fakultas Kehutanan Untan di Desa Nanga Lauk Kapuas Hulu

Maju Bersama Kampus Merdeka atau disingkat dengan MBKM adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh kampus sebagai salah satu  mata kuliah pilihan yang dilakukan oleh mahasiswa selama satu semester dalam masa perkuliahan semester genap.

Universitas Tanjungpura adalah salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan MBKM ini dengan menempatkan mahasiswa di beberapa mitra dapat berupa instansi pemerintahan atau instansi swasta dengan mengikuti kegiatan atau program dimana mahasiswa tersebut ditempatkan. Namun, mahasiswa peserta MBKM juga dapat melaksanakan program mandiri selama kegiatan tersebut. Salah satu mitra yang mendapatkan kesempatan menerima mahasiswa dalam kegiatan MBKM adalah Yayasan PRCF Indonesia.

MBKM Fakultas Kehutanan Untan
Mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan saat melakukan MBKM di Desa Nanga Lauk

Sebanyak tujuh orang mahasiswa dari Fahutan Untan ditempatkan di Yayasan PRCF Indonesia sebagai mitra. Selanjutnya ketujuh mahasiswa tersebut ditempatkan di LPHD Lauk Bersatu, Desa Nanga Lauk, kecamatan Embaloh Hilir, kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan MBKM ini dilaksanakan selama ± 3 bulan.

Rangkaian kegiatan MBKM ini dimulai pada bulan Februari berupa  pengarahan yang dilakukan di kantor Yayasan PRCF Indonesia. Pengarahan ini dimaksudkan sebagai kegiatan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan MBKM. Sesi pembekalan dilakukan oleh Direktur Utama Yayasan PRCF Indonesia yaitu Imanul Huda dan Direktur HRD yaitu Suhartian berupa perkenalan Yayasan PRCF Indonesia serta kegiatan pendampingan yang dilakukan di Desa Nanga Lauk. Selain itu, kegiatan pembekalan juga dilakukan oleh supervisor keuangan yaitu Aam Wijaya tentang usaha dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Untuk teknis lapangan, kegiatan serta persiapan yang perlu dilakukan, pengarahan diberikan oleh Yadi Purwanto dan DM. Zainuddin.

Keberangkatan mahasiswa peserta MBKM tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2022. Keberangkatan ini dikawal oleh fasilitator desa karena bersamaan waktunya dengan pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di desa Nanga Lauk. Selanjutnya mahasiswa peserta MBKM Fahutan Untan menetap di Desa Nanga Lauk untuk pelaksanaan kegiatan MBKM.

Kegiatan MBKM mahasiswa Fahutan Untan selama di LPHD Lauk Bersatu antara lain adalah mengikuti kegiatan pembukaan lahan dan penanaman untuk agroforestri, pengukuran lahan untuk penanaman MPTS dalam rangkaian kegiatan rehabilitasi lahan, pelatihan dan simulasi penggunaan GPS, kompas, camera trap, pengisian tally sheet untuk patrol, penggunaan aplikasi Smart Patrol, patrol pada hutan desa dan hutan produksi terbatas, mengikuti penyusunan perdes, panitia pemilihan pengurus LPHD Lauk Bersatu serta program mandiri mandiri MBKM (PKM) berupa sosialiasi kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Oleh DM. Zainuddin (Fasilitator Desa Yayasan PRCF Indonesia untuk wilayah Desa Nanga Lauk)