TFCa LOGO

TFCA Gelar Pelatihan Pengelolaan Dana Hibah Siklus5

TFCA atau Trofical Forest Conservation Act menggelar Pelatihan Pengelolaan Dana Hibah Siklus5 secara daring (online), Rabu (14/4/2021). Peserta pelatihan tersebut adalah para mitra TCFA. Salah satu pesertanya adalah Tim Lanksap Selatan Kapuas Hulu.

“Pelatihan ini sangat penting bagi mitra TFCA seperti Tim Lanskap Selatan Kapuas Hulu dan PRCF itu sendiri. Materi yang disampaikan sangat berkualitas dan hendaknya menjadi perhatian semua anggota tim agar dalam melaksanakan program konservasi hutan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.” Kata Direktur Eksekutif PRCF Indonesia, Imanul Huda S Hut M Hut yang juga mengikuti pelatihan tersebut.

TFCA merupakan administrator dari Yayasan Kehati. Awal April lalu, Yayasan Kehati ini telah menandatangani kerja sama dengan Yayasan PRCF Indonesia untuk melakukan program konservasi hutan di empat desa di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Sebelum adanya pengucuran dana untuk program konservasi, pihak TFCA menggelar pelatihan soal pengajuan dana hibah. Pelatihannya sangat detail. Kita diajarkan bagaimana cara membuat ToR. Termasuk juga dalam pembuatan laporan kegiatan,” jelas Imanul.

Dari pelatihan itu,  Imanul meminta pada seluruh personel PRCF yang akan melakukan kegiatan di empat desa untuk menyiapkan dokumen laporan kegiatan, materi kegiatan, absensi, dokumen lain seperti Berita Acara Pertemuan. “Setiap kegiatan pelatihan harus ada pretest dan post test,” pintanya.

Selain Imanul, hadir juga beberapa anggota tim yakni Ali Hayat, Awaludin Razab, Suhartian, Rosadi Jamani. Termasuk juga pengurus LPHD dari desa yang akan menjadi lokasi program konservasi ikut hadir.

“Kita berusaha untuk mengikuti petunjuk dari TCFA yang disampaikan dalam pelatihan ini. Materinya sangat bagus. Akan menjadi panduan kita dalam melakukan program konservasi di lapangan nanti,” kata Manajer Program, Ali Hayat.

Pelatihan Dua Hari

Pelatihan Pengelolaan Hibah Siklus 5 berlangsung dari 14-15 April 2021. Pelatihannya diikuti oleh koordinator proyek, keuangan, dan anggota konsorsium mitra TCFA. Sebagai moderator dari diskusi via daring itu adalah Nandang dari TCFA. Sedangkan host zoom meeting Desi Heryanti yang juga Sekretaris TCFA.

“Pelatihan berlangsung dua hari. Kita beharap, seluruh mitra bisa menyerap dan mengaplikasikan materi yang telah disampaikan oleh para narasumber,” harap perwakilan Kehati, Herman Suparman Simanjuntak. (ros)