Patroli Hutan Desa

Tim patroli hutan, LPHD Batang Tau Desa Sri Wangi kembali melakukan patroli hutan desa selama empat hari dari 9 – 12 Oktober 2023 lalu. Kali ini agak berbeda dari sebelumnya. Ada mahasiswi Fakultas Kehutanan Untan juga ikut patroli.

“Kali ini ada mahasiswi yang kebetulan sedang melakukan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, atau bahasa kekinina, magang di Desa Sri Wangi. Mahasiswi ini memang diminta untuk mengikuti kegiatan LPHD Batang Tau salah satunya patroli hutan desa,” kata Sosial Forestry Development PRCF Indonesia, Muhammad Nur Karim di kantornya, Senin (16/10/2023).

Ada dua mahasiswi ikut dalam patroli hutan desa ini. Dalam patroli ini mereka diajarkan langsung oleh Tim Patroli LPHD Batang Tau tentang penggunaan GPS dan pendataan menggunakan SMART Patrol. Dua hal sangat penting dalam setiap patroli hutan. Selebihnya mengenalkan segala satwa yang ditemui serta tumbuhan endemik di hutan.

“Selama patroli empat hari di dalam hutan, kedua mahasiswi dalam kondisi prima. Dari awal sampai kembali lagi ke desa, kondisi fisiknya tidak kalah dengan tim patroli yang didominasi laki-laki. Semoga dengan patroli, keduanya bisa mengambil pelajaran secara langsung saat berada di hutan,” ungkap Nur Karim.

Sementara untuk tim patroli secara keseluruhan dalam kondisi bugar usai melaksanakan tugas. Empat hari di hutan dibutuhkan fisik yang kuat. Karena patroli hutan bukan kali pertama, mereka pada umumnya sudah memiliki pengalaman bagaimana menyusuri hutan dengan aman.

“Patroli ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya tidak lain memastikan tidak ada kerusakan hutan desa. Selain itu, melakukan pendataan terhadap satwa dan tumbuhan menggunakan SMART Patrol,” tambah Nur Karim.

Kegiatan MBKM

Magang yang dilakukan mahasiswi itu selama satu semester pada Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024. Dimulai pada 25 September sampai 9 Desember 2023. Tidak hanya berdua, melainkan enam mahasiswa. Cuma, mereka dipisah sesuai pembangian daerah magang. Keenam mahasiswa itu itu adalah Vevhiantary, Monika Br Tarigan, Bella Lestari, Predikus Aldi, Nurdini Fitriani, dan Nurida.

Mahasiswa magang memiliki beberapa tujuan utama dalam menjalani program magang, antara lain, mendapatkan pengalaman praktik kerja. Dengan momen magang ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktik kerja di dunia nyata. Ini memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi kerja sehari-hari. (ros)

Leave A Comment